MAKANAN YANG BAGUS DI KONSUMSI PADA SAAT MAKAN SAHUR

1. KURMA
Rasa kurma yang manis berasal dari tiga jenis gula yang baik untuk tubuh, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.
Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh kita. Seperti glukosa yang bagus untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa bagus untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.
Kurma cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama saat sahur. Untuk menetralisir rasa manisnya, Anda bisa meminum air hangat setelahnya.

2. BIJI BIJI AN KAYA SERAT
Biji-bijian seperti kacang almond, kacang polong, dan kacang kedelai sangat bagus dijadikan untuk menu sahur, apalagi ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah. Kacang kedelai misalnya yang bisa dijadikan sebagai minuman untuk sahur.
Meski hanya mengonsumsi biji-bijian saja, cukup mengenyangkan juga karena biji-bijian mengandung protein, mineral, vitamin, dan lemak yang baik untuk tubuh.

3.TELUR
 Telur memiliki kandungan protein, nutrisi, dan vitamin yang tinggi, sangat bagus untuk kesehatan.
Meski telur baik untuk kesehatan, tapi Anda juga harus membatasi jumlah telur yang dikonsumsi. Sebab mengonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan darah tinggi. Setelah makan telur, sebaiknya netralisir dengan minum air putih yang banyak

4.SAYUR DAN BUAH
Selama menjalankan ibadah puasa, pasokan air dalam tubuh kita akan berkurang drastis. Untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung air yang banyak seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.
Selain mengandung air, sayur, dan buah ini juga kaya akan mineral, serat, dan antioksidan untuk memperlambat proses penuaan dini dan menghantam sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama puasa